Monday, October 20, 2008

wanita tipe baru : brand new phenomenon?

Tepat bulan Oktober 2008 ini, gue udah genap melakukan penelitian terhadap suatu fenomena yang ternyata terjadi dan ada di sekitar gue. Gue mulai penelitian ini tepat bulan Maret 2006 dan baru berani nulis hasilnya sekarang. Sebenernya takut terlalu kontroversial dan mengacu pada suatu oknum, tp what the hell lah, anggap saja gue orang jahat hahahahaha.

Jadi, gue telah mengklasifikasikan satu tipe baru pada wanita. Kalo dalam animal kingdom istilahnya spesies baru lah gitu, namanya:

WANITA YANG TIDAK BISA KEHILANGAN FANS NYA

Jangan keliru. Jangan bias antara tipe ini sama tipe cewe ganjen, tipe orang cari eksistensi, tipe orang terlalu ramah atau tipe-tipe yang nyerempet lainnya!! Tipe ini sama sekali berbeda!! Walaupun kelakuannya mirip.
Dan asal tau, cewe mungkin menganggap tipe ini sebagai salah satu tipe yang udah gw sebut sebelumnya. Banyak yang sebel, tapi ngga bisa ngerti sebenernya cewe tipe ini maunya apa. Ditambah lagi banyak banget cowo yang ngga sadar bahwa ada cewe tipe begini!!! Pun kalo ada yang sadar, biasanya juga cuma mau main-main doang.


Ciri-ciri wanita tipe ini:


1. Biasanya punya suatu kelebihan yang menarik minat pria, sehingga jumlah orang yang pendekatan atau berakrab-akrab sama cewe tipe ini (mulai sekarang ayo kita panggil “si bos”) banyak alias berjibun. Bisa kecantikan wajah, kesupelan, keimutan mimik wajah, bodinya yahud, keramahannya, kebaikannya, dan lain-lain. HATI-HATI!! Sekali pria mendekati si bos dan ketauan niatnya untuk berbaik hati (walaupun ngga maksud apa-apa), matilah kau! Lo bakal ditempel dan ga bisa lepas sampe jangka waktu yang cuma bisa ditentuin oleh si bos sendiri. Mungkin bisa dibilang dia yang “mengejar” lo secara halus, tapi akan terlihat seperti lo yang mengejar dia untuk seterusnya.

2. Nah, sekali lo udah masuk daftar fans-nya si bos, bisa-bisa lo “dikunci” untuk tetep ada di daftar itu. Caranya? Banyaaakk... tapi the most common thing yang gue perhatiin adalah mereka menggunakan KATA GANTI sebagai kuncian. Mulai dari panggilan nama khusus, sampe kata-kata ngga lazim. Atau yang biasanya ngomongnya ala betawi lo-gue, trus tiba2 berubah jadi aku-kamu.

3. Gue dan anak-anak apres punya istilah “PUKAT HARIMAU”, diberikan kepada siapa saja yang kebetulan atau pun ngga, punya lumayan banyak “teman dekat”. Nah si bos pun juga begitu!! Si bos ngga serta merta dapet fans sebanyak itu begitu aja lho!! Usaha juga dia! Salah satu caranya ya itu tadi, awalnya dia seperti “mengejar”, kebanyakan sih dengan cara seperti nyari-nyariin kalo incerannya ngga ada di sekitar situ (kan bikin orang jadi ge-er tau kalo dicari-cariin terus begitu), ngajak-ngajak pergi berduaan, minta temenin kemana gitu, atau menjadikan si pria sebagai tempat curhat. Wuih, tapi hebatnya NGGA ADA YANG TAU ttg usahanya!! Canggih ya?! Makanya namanya akan tetep bersih sepanjang masa, dan cowo-cowo fansnya lah yang akan dapet panggilan entah apa dari orang-orang. “supir”, “ajudan”, “bodyguard”, dan masih banyak lagi.

4. Si bos ini biasanya tipe yang lenje gitu. Tau lenje?? Mmmm itu kaya campuran dari 20% genit + 20% ganjen + 10% pede + 50% manja.

5. Tau ngga kenapa cowo-cowo fansnya si bos bisa dapet panggilan kaya begitu?? Karena emang biasanya mereka terlihat seperti itu. Kemana2 ditempel atau dibuat menempel sehingga terkesan kaya supir atau ajudan atau bodyguard. Bikin fans nya sibuk setengah mati buat ngelayanin dia.

6. Teman baik saya si oknum C pun berkomentar terhadap salah satu contoh kasus, yang ternyata adalah “bos”nya dia dulu hahahaha.
Oknum C berkesaksian seperti ini: “Tapi ras, si XXXX itu ngga menutup-nutupi kok kalo dia sudah punya pacar”. Wah jangan salah!! Si bos ini emang ga bakal nutup2in statusnya. Mungkin, ini mungkin loh, dia seneng kalo punya cowo juga tapi punya “ajudan” juga. Who knows.

7. Yaaa yaaa, si bos memang biasanya pintar akting. Cocok lah jadi artis sinetron. Ngebohongin sahabatanya pun dijalani biar segala sesuatunya tetep dalam kendali dia. (berdasarkan contoh kasus lho)

8. Ngga semua cowo bakal ditampung jadi fans-nya, ya yang dia suka aja. Biar gimana pun juga si bos punya selera kali (entah itu seleranya cowo baik, cowo yang ngemong/melayani, cowo dewasa, cowo tajir, ya selera beda-beda kan). Ngga asal nampung orang dia. Dan catat, catat ya, gue ngga bilang si bos tipe cewe murahan karena emang ngga semua cowo ditampung sama dia. Makanya gw berani bilang gini. Malah "daftar" nya si bos itu terkesan exklusif.

9. Yang terakhir ini adalah ciri-ciri yang terjadi di semua contoh kasus. Kalo bersahabat sama orang lain (biasanya sesama cewe juga) itu awal-awalnya intens alias inseparable. Tapi bisa-bisa bubar begitu aja. Eits, sekali lagi, bedain sama tipe orang cari eksistensi! Bagian sininya emang sama banget, tp 8 ciri-ciri lainnya beda.


Kenapa tipe cewe seperti ini bisa muncul??? Inipun udah gue selidiki. Kalo asumsi gue diliat dari 3 contoh kasus, yang 3 orang ini sih tercipta karena shock culture. Begini contohnya: dulu di smp/sma si bos biasa aja status eksistensi sosialnya, tau-tau pas kuliah di kampus yang populasi cowonya menggunung si bos jadi laku keras dan bikin besar kepala. Atau bisa juga emang dari dulu si bos udah laku banget, tp ternyata cowo-cowo di kampus potensialnya bukan main, jadinya dia kalap.


Segala yang gue tulis ini udah melewati waktu 2,5 tahun, 5 contoh kasus hidup dan nyata, bincang-bincang dengan "supir", "ajudan", "bodyguard" dan "sahabat" yang sudah mengalami hidup bersama bos-bos ini, pengamatan lapangan yang super duper mendalam, bahkan gues ampe ngobrol sama nyokap yang pengalamannya tahunan!

Cowo juga ada tipe yang ngga mau kehilangan fans gini, tapi sedikit jumlahnya. Udah gitu motivasinya beda-beda. Gue liat contoh kasus gue yang bergender pria emang udah habit dari lamanya begitu, ngga terpengaruh jenjang sekolah dan waktu, dan bukan karena shock culture jg.

Ada satu kesimpulan dari gw dan salah seorang narasumber:
Ngga bisa dipungkiri kalo yang melekat sebagai predikat PRIA adalah PENIPU. Tapi sadarilah hai manusia, bahwa sesungguhnya WANITA itu adalah LICIK. Mungkin ngga semua, tp gue merasa banyak yang udah punya bibit kaya gini.

Dan wanita jauh lebih banyak yang suka ngegosip alias ngomongin orang kan? Ya kalo menurut gue sih ngomongin orang itu salah satu bentuk dari licik, apapun tujuan awalnya. Gue pun ngga terhindar dari hal ini hehehehe.

6 comments:

tito batubara said...

panjang bgt ras.
itu cupi ya d;

tp sepakat gw

zaldy said...

ras, ajarin gue tentang tipe2 cewe donk...

hahaha...


eh ni blog gapapa kan kalo gue link...

l a r a s ;) said...

hahaha iya ras,, setuju deh,,
ada juga tipe "wanita yang tidak bisa kehilangan fansnya, dimana fansnya itu adalah mantannya" haha.

contoh : cewe2 yang baru 'belingsatan' setelah tau mantannya jadian lagi, terus yang biasanya punya hidup masing2, tiba2 si bos (cw) ngontact2 mantannya (co) lagi, seakan-akan ga mau kehilangan mantannya yang baru jadian.. (pdhl sendirinya udh jadian lagi dari kapan tau).

yah, jadi tipe2 wanita yang ga mau kehilangan fans ini banyak versi sebenernya,, hahaha damn pathetic.. jahat ya gw, emang gw jahat (hehe!;p)

panjang ya, jadi ky bikin blog sndiri di blog org lain, apa curcol?hehe)
read this, kejahatan gw ttg wanita2 macam ini : http://ferusdeparis.blogspot.com/2008/12/woaaa-woaaa.html

cheers! ;)

reytia said...

ahahhahaha nice post ras! btw main2 jg ke blog saya..

ada tuh dulu tipe 'si bos' di sma gua, sampe esmosi gua liatnya, smua diembat, ehbuset hahaha

Adityo Pratomo said...

gila ras, akurat abis, parah! sepakat banget gw, hahaaha

lalu_lalu said...

wow, nice post! detail bgt penjelasanya.
setuju bgt gw sama kesimpulan lo,

trauma you experience when you move into a culture different from your home culture. itu tuh culture shock..hal ini emang sering menghasilkan cewe2 yang setipe dengan penjelasan lo diatas.

yg jelas, gw harus waspada sama tipe2 'BOS' bgitu,
SUDAH CUKUP GW TERJERUMUSSS!!!!
agggggghhhhhhhhhhhhh!!!!