Wednesday, October 29, 2008

Boleh Ngga Nyalahin Orang Tua?

Sekitar setaun terakhir gue lagi dilanda dilema besar :

KALAU UDAH SEUSIA GW (20-AN DST) PANTES GA SIH NYALAHIN ORANG TUA ATAS SIFAT DAN SIKAP SESEORANG????

Gue banyak wawancara orang, tapi jawaban yang gue dapet beda-beda banget. Kebagi atas 2 kubu besar IYA dan TIDAK.
Gue kasih cerita deh. Gue orangnya pendendam, ada beberapa orang di dunia yang sungguh gue benci, setiap denger/ngeliat kelakuan orang-orang itu, salah satu kalimat yang suka terlontar dari mulut gue adalah: "Anjrit, najis banget dah! diajarin apa sih dulu sama orangtuanya??!"

Sebenernya gue masih berhak ngga sih nyalahin orang tua mereka atas kelakuan anak-anak tersebut?? Sama halnya juga dengan pertanyaan, "sebenernya gue berhak ngga sih nyalahin orang tua gue kalo ternyata gue tumbuh jadi orang yang (dianggap) ngga baik??"

Binguuuuungggg.....

Yang menjawab "IYA KITA BERHAK MENYALAHKAN ORANGTUA" bilang, bahwa karakteristik seseorang dibentuk dalam 5 tahun pertama kehidupannya, jadi apapun yang terjadi sama itu anak ketika udah gede adalah tetap peranan-andil-tanggung jawab si orangtua.

Sedangkan yang berpendapat "TIDAK" bilang, bahwa KARAKTER BISA BERUBAH. Ngga cuma dari orang tua aja, sifat dan sikap bisa didapat dari lingkungan dan faktor-faktor luar yang ngga kehitung banyaknya.

Gue sungguh bingung.
:(

4 comments:

zaldy said...

kok lu mirip sama emak dan kakak perempuan gue si?...

tito batubara said...

jgn2 emg dy kakak juga lo zal

tito batubara said...

oi btw bikin facebook donk.
gw aja ngeblog, nge-email, ngapa2in di situ..

la princesse la ras said...

baru nemu blognya laras..

laraaasssss...
gw seperti menemukan saudara kembar! (hahaha apa sih), kita byk bgt sama nya deh,

"gw orangnya pendendam, ada beberapa orang di dunia yang sungguh gw benci"
---> SAMA!

hahaha. gw sih kl udh gt biasanya ga nyalahin orgtuanya, emang anaknya aja kebangetan. tp kl diliat2 sih,, bbrp org yg gw benci emang "ajaran" ortunya rada2 ga beres.. heuuu,,